TATA TERTIB PESERTA DIDIK SMP NEGERI 6 BOGOR

By #adminweb 10 Jul 2020, 14:41:45 WIB Sekolah
TATA TERTIB PESERTA DIDIK  SMP NEGERI 6 BOGOR

 TATA TERTIB PESERTA DIDIK

SMP NEGERI 6 BOGOR

A. TATA TERTIB UMUM

I.   Sebelum Kegiatan Belajar Dimulai

1.   Peserta didik harus hadir di sekolah pukul 06.45 WIB.

2.   Peserta didik pada tingkatan kelasnya yang memiliki jadwal tadarus dan hafalan Quran (untuk non muslim menyesuaikan dengan dengan pendidikan agamanya masing-masing), wajib hadir pukul 06.40 WIB

3.   Peserta didik memasuki kelasnya dan menempati tempat duduk masing-masing dengan tertib tepat pukul 06.50 WIB.

4.   Pintu gerbang ditutup pada pukul 07.00 WIB.

5.   Peserta didik yang datang di atas pukul 07.00 WIB diperkenankan masuk pintu gerbang dan diberi tugas  selama 1 jam pelajaran

6.   Pukul 07:00 s.d 07.10 siswa yang beragama Islam wajib mengikuti kegiatan Tadarus/ untuk non muslim menyesuaikan sesuai dengan agamanya masing-masing.

7.   Piket kelas oleh peserta didik dilaksanakan setelah jam pelajaran terakhir.

II. Selama Kegiatan Belajar Mengajar

1.   Peserta didik wajib berada di lingkungan sekolah dan wajib mengikuti pembelajaran dengan tekun dan bersungguh-sungguh.

2.   Peserta didik wajib mengikuti pembelajaran harian sepenuhnya.

3.   Peserta didik tidak diperkenankan meninggalkan kelas atau keluar masuk kelas pada waktu pembelajaran berlangsung kecuali atas ijin dari guru yang bersangkutan.

4.   Setelah lima menit guru yang mengajar belum hadir di kelas, ketua kelas harus memanggil guru yang bersangkutan. Apabila guru tersebut tidak hadir segera menghubungi guru piket.

5.   Peserta didik tidak diperkenankan menerima tamu/ teman dari luar SMP Negeri 6 Bogor selama kegiatan pembelajaran kecuali mendapat ijin dari guru yang bersangkutan

6.   Peserta didik yang karena suatu hal terpaksa harus meninggalkan kelas selama atau sebelum kegiatan belajar mengajar berakhir, harus mendapat ijin tertulis dari guru piket dengan sepengetahuan pimpinan sekolah.

7.   Peserta didik yang berhalangan hadir harus ada keterangan tertulis dari orang tua/ wali, yang disampaikan kepada wali kelas atau ( orang tua / wali menelpon pada wali kelas )

8.   Peserta didik wajib menciptakan keamanan, ketertiban, keindahan, kenyamanan dan kekeluargaan.

9.   Waktu istirahat peserta didik tidak berada di dalam kelas kecuali jika situasi tidak mengijinkan misalnya waktu hujan.

10  Selama kegiatan pembelajaran berlangsung HP tidak boleh diaktifkan.

11. Peserta didik tidak bemain bola/basket,dan sejenisnya pada waktu istirahat/ selain jam olah raga.

III.      Setelah Kegiatan Belajar Selesai

1.   Peserta didik meninggalkan kelas dengan tertib

2.   Ketua kelas mempertanggungjawabkan keadaan kelas melalui agenda kelas kepada wali kelas

3.   Peserta didik harus langsung pulang ke rumah masing-masing dan tidak ada di lingkungan sekolah kecuali bila masih ada kegiatan di sekolah.

IV.      Ketentuan Pakaian Seragam Sekolah

1.   Peserta didik wajib memakai pakaian seragam sekolah dengan rapi dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Hari Senin dan Rabu memakai pakaian biru putih dengan atribut lengkap
  2. Hari Selasa Memakai pakaian pramuka.
  3. Hari Kamis memakai pakaian  batik.
  4. Hari Jumat memakai pakaian muslim

2.   Peserta didik wajib memakai sepatu hitam polos dan kaos kaki putih di atas mata kaki walaupun saat pelajaran olah raga

3.   Peserta didik wajib memakai pakaian seragam olah raga yang telah ditentukan setiap kegiatan olah raga

4.   Peserta didik wajib berambut rapi, dengan ketentuan :

  1. Peserta didik putra rambut 1 Cm di atas telinga atau tidak melewati kerah leher baju, tidak memelihara cambang atau kumis serta rambut tersisir rapi
  2. Peserta didik putri yang berambut panjang sampai bahu boleh terurai jika panjang melebihi bahu harus diikat serta tersisir rapi

 

 

 

 

 

B. TATA TERTIB KHUSUS

1. Peserta didik wajib menghormati dan memelihara atribut sekolah seperti: papan nama sekolah, lambang sekolah, lencana sekolah dan kartu OSIS.

2. Peserta didik wajib mengikuti upacara penaikan bendera setiap hari. senin dan pada setiap hari-hari besar nasional dengan tertib dan khidmat

3. Peserta didik wajib menjaga dan menjunjung tinggi nama baik diri sendiri, keluarga, dan sekolah.

4. Peserta didik wajib menghormati pimpinan sekolah, guru dan pegawai sekolah.

5. Peserta didik wajib mentaati nasehat atau petunjuk pimpinan sekolah dan guru.

6. Peserta didik wajib menjalani hubungan persaudaraan dan sopan santun dengan sesama teman, pimpinan sekolah, guru dan pegawai sekolah.

7. Peserta didik wajib memelihara keamanan dan kebersihan semua fasilitas atau peralatan yang ada di lingkungan sekolah.

8. Peserta didik wajib mengikuti kegiatan dalam upaya meningkatkan kualitas sekolah yang diadakan di luar jam pelajaran.

9. Peserta didik wajib melapor dan memperoleh izin dari Wakil Kepala Sekolah Urusan Sarana Prasarana apabila akan menggunakan fasilitas sekolah di luar jam pelajaran sekolah, seperti lapangan olahraga, Lab, ruang UKS, ruang OSIS, dll.

10. Peserta didik wajib mengikuti kegiatan OSIS yang telah terprogram dan telah memperoleh persetujuan Guru/ Pembina OSIS atau Pimpinan Sekolah.

C. LARANGAN-LARANGAN

1.   Peserta didik dilarang membawa alat komunikasi/ handphone yang berfasilitas kamera, bluetooth, infrared, MP3, ipod dan sejenisnya.

2.   Peserta didik dilarang mengambil milik orang lain, merusak dan mengotori atau mencurat-coret sarana, peralatan, seragam sekolah,  dan  gedung sekolah.

3.   Peserta didik dilarang membawa alat-alat yang membahayakan seperti : senjata api, senjata tajam, petasan, dll.

4.   Peserta didik dilarang menggunakan atau membawa minuman keras, obat-obatan terlarang (Narkoba), kaset / VCD porno, majalah atau yang lainnya yang bersifat pornografi.

5.   Peserta didik dilarang merokok di dalam kelas, di lingkungan sekolah, di luar sekolah selama masih menggunakan seragam sekolah atau selama mengemban misi sekolah dalam kegiatan di luar sekolah.

6.   Peserta didik dilarang melakukan perbuatan asusila.

7.   Peserta didik dilarang berkelahi, menganiaya dan membuat kegaduhan di lingkungan sekolah.

8.   Peserta didik dilarang membuat geng atau kelompok yang meresahkan sekolah.

9.   Peserta didik dilarang meminta sesuatu apapun yang bersifat pemaksaan (malak) di dalam maupun di luar sekolah.

10. Peserta didik dilarang membuang sampah sembarangan dan harus membuang sampah pada tempatnya.

11.  Peserta didik dilarang mencuri dan merusak barang milik teman, Pimpinan Sekolah, Guru, Pegawai Sekolah atau milik orang lain yang berada di lingkungan sekolah.dan di luar sekolah

12. Peserta didik dilarang menempelkan selebaran atau tulisan disembarang tempat kecuali di tempat yang sudah disediakan oleh sekolah.

13. Peserta didikdilarang makan dan minuman di dalam kelas.

14. Siswa dilarang memakai pakaian dan atribut seperti lokasi, topi dan lain-lain yang bukan identitas sekolah (SMP Negeri 6 Bogor).

15. Peserta didik putra dilarang menggunakan perhiasan atau memakai perhiasan yang biasa dipakai wanita serta tidak boleh memelihara kuku panjang.

16. Peserta didik putri dilarang memakai rok mini atau midi serta perhiasan yang berlebihan dan memakai kosmetik atau alat kecantikan yang berlebihan seperti : Lipstik, cat kuku, bulu mata palsu, eyeshadow, cat rambut serta tidak diperbolehkan memelihara kuku panjang.

17. Peserta didik dilarang membawa kendaraan bermotor.

18. Peserta didik tidak diperkenankan bertato baik permanen maupun tidak.

JENIS  PELANGGARAN  DAN  JUMLAH  POINT

No.

Uraian Pelanggaran

Point

1

Tidak memakai pakaian seragam lengkap sesuai ketentuan tidak rapi pada hari biasa maupun saat Upacara

10

2

Memakai  jaket/ sweater/ topi di lingkungan sekolah yang bukan almamater

10

3

Terlambat masuk sekolah di atas pukul 07.00 WIB

15

4

Tidak masuk tanpa keterangan

15

No.

Uraian Pelanggaran

Point

5

Berprilaku tidak sopan dan menunjukkan sikap menantang

20

6

Ketahuan menyontek pada saat ulangan

20

7

Bagi peserta didik putra berambut panjang, dicat warna

25

8

Bagi peserta didik yang berpakaian ketat/ tipis, rok di atas lutut tidak memakai kerudung pada hari Jum’at ( bagi Muslimah )

25

9

Membuang sampah tidak pada tempatnya/sembarangan, mengotori, mencorat-coret dinding kelas/ kamar mandi serta lingkungan sekolah

25

10

Nongkrong/berkumpul di tempat yang tidak ada kaitannya dengan kegiatan KBM/sekolah, baik pada saat jam pulang sekolah

25

11

Menggunakan media social dengan berbahasa  yang tidak (sopan, melecehkan, menghina atau bully)

25

12

Meninggalkan sekolah tanpa izin pada jam pelajaran/ kabur

25

13

Tidak menggunakan sepatu hitam polos dan kaos kaki putih di hari Senin s.d Sabtu

50

14

Merokok di lingkungan sekolah atau di luar sekolah selama masih memakai atribut sekolah

75

15

Dengan sengaja atau tidak sengaja melindungi atau menutupi perbuatan melanggar Tata Tertib Sekolah, baik secara individu maupun kelompok

100

16

Menjadi provokator untuk melakukan tindakan yang melanggar Tata Tertib serta dapat merugikan sekolah

100

17

Berbohong atau mengatas namakan sekolah untuk kepentingan pribadi

100

18

Mengendarai motor ke Sekolah

100

19

Membawa senjata tajam serta membawa buku terlarang/ Pornografi

150

20

Berkelahi sesama teman atau terlibat perkelahian dengan pihak luar ( Tawuran )

150

No.

Uraian Pelanggaran

Point

21

Memalsukan tanda tangan Guru, Wali Kelas, Orang Tua atau Pejabat Sekolah

150

22

Mencuri milik orang lain, merusak atau mengambil fasilitas di lingkungan sekolah

150

23

Membawa/ menggunakan dan mengedarkan obat terlarang

300

KETERANGAN PEROLEHAN POINT

I.  Pelanggaran dengan point 50 ( PERINGATAN I )

1.  Peserta didik dipanggil dan diberi peringatan serta pengarahan oleh Wali Kelas dan BP

2.  Diberi surat peringatan I dan ditanda tangani orang tua serta dikembalikan ke Wali Kelas/ BP

3.  Penugasan

II. Pelanggaran dengan point 75 ( PERINGATAN II )

1.  Peserta didik dipanggil dan diberi peringatan/ teguran keras serta pengarahan oleh Wali Kelas dan BP

2.  Diberi surat peringatan II dan orang tua dipanggil

3.  Membuat perjanjian

III.Pelanggaran dengan point 150 ( PERINGATAN III )

1.  Peserta didik diberi surat peringatan III dan orang tua dipanggil serta membuat perjanjian dengan Wali Kelas dan BP

2.  Skorsing selama 3 hari di sekolah belajar di ruang BP

IV.Pelanggaran dengan point 300 ( PERINGATAN IV )

Peserta didik diserahkan kepada orang tua atau dikembalikan kepada orang tua setelah melalui musyawarah kasus

Catatan :

Point yang diperoleh peserta didik dihitung secara komulatif dan berlaku selama menjadi peserta didik SMP Negeri 6 Kota Bogor

 

                                                              Ditetapkan di    :      BOGOR

                                                              Tanggal          :   18 Juli 2018

                                                              Kepala,

 

 

 

Hj Yuliani Triningsih,M.Pd

NIP. 19600717 198111 2 002




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment